MANAJEMEN PIKIRAN DI TIONGKOK PUNYA SEJARAH YANG SANGAT PANJANG



Indo-news.xyz - Cina telah membangun jaringan luas kamp interniran ekstrajudicial di wilayah barat Xinjiang, di mana Uighur dan minoritas Muslim lainnya dibuat untuk meninggalkan budaya dan agama mereka, dan secara paksa tunduk pada indoktrinasi politik. Setelah lama menyangkal keberadaan kamp, ​​pemerintah sekarang menyebut mereka pusat pelatihan jinak yang mengajarkan hukum, keterampilan Mandarin dan kejuruan - klaim yang telah diekspos sebagai eufemisme yang tidak jujur ​​dan upaya untuk menangkis kritik atas pelanggaran hak asasi manusia berat.

Tetapi kamp-kamp, ​​terutama ambisi mereka untuk melipatgandakan orang, mengungkapkan logika yang sudah dikenal yang telah lama mendefinisikan hubungan negara China dengan publiknya: pendekatan paternalistik yang patologis terhadap pemikiran dan perilaku menyimpang, dan kemudian mencoba mengubah mereka dengan paksa. Skala dan kecepatan kampanye pemerintah di Xinjiang saat ini mungkin luar biasa, tetapi praktik dan metode-metodenya tidak.

Sejauh abad ke-3 SM, filsuf Xunzi berpendapat bahwa umat manusia bagaikan “kayu bengkok” dan bahwa kelemahan karakter individu perlu dikikis atau diluruskan dalam upaya mencapai keselarasan sosial. Mencius, seorang pemikir saingan, percaya akan bagiannya dalam kebaikan bawaan manusia, tetapi ia juga menekankan pentingnya perbaikan diri.

Sangat kontras dengan liberalisme Barat, Konfusianisme - dan budaya politik Cina secara lebih luas - tidak bergantung pada hak-hak individu, tetapi pada penerimaan hierarki sosial dan keyakinan bahwa manusia itu sempurna. Dalam pemikiran Cina, manusia tidak diberkahi sama; mereka bervariasi dalam suzhi (素质), atau kualitas. Petani Uighur miskin di Xinjiang selatan, misalnya, duduk di dasar tangga evolusi; seorang pejabat dari etnis Han mayoritas ke arah atas.

Tetapi individu dapat dibentuk, dan jika suzhi sebagian adalah bawaan, itu juga merupakan produk dari lingkungan fisik dan asuhan seseorang. Sama seperti lingkungan yang salah bisa merusak, yang benar bisa menjadi transformatif. Oleh karena itu pentingnya mengikuti bimbingan orang-orang yang dianggap memiliki suzhi yang lebih tinggi - orang-orang Konfusius disebut "orang superior" (君子) dan Komunis sekarang menyebut "kader terkemuka" (领导 干部).

Jadi, bahkan seorang petani Uighur yang rendah dapat meningkatkan suzinya - melalui pendidikan, pelatihan, kebugaran fisik atau, mungkin, migrasi. Dan itu adalah tanggung jawab moral dari pemerintah yang tercerahkan dan baik hati untuk secara aktif membantu rakyatnya meningkatkan atau, seperti yang dikatakan oleh sarjana China Delia Lin, untuk membentuk kembali “orang yang semula cacat menjadi warga negara yang sepenuhnya maju, kompeten dan bertanggung jawab.” Selama tujuh dekade di Kekuasaan, Partai Komunis Tiongkok (PKT) telah berulang kali mencoba melakukan remold terhadap para pelajar yang bandel, lawan politik, pelacur dan petani.

Selama berabad-abad kekaisaran Cina, keluarga adalah inkubator tatanan sosial, dengan ayah membimbing putra dan suami mereka membimbing istri mereka sesuai dengan serangkaian ritual yang kaku. Jika keluarga itu harmonis, seluruh komunitas juga bisa. Di sisi lain, setiap kelakuan buruk dapat dihukum dengan pemukulan, perbudakan, pengasingan atau kematian oleh pencekikan, pemenggalan kepala atau pengirisan.

Hari ini, logika transformatif ganhua (感化) - reformasi karakter keji karakter melalui contoh superioritas moral - mendukung sistem pendidikan China, teori penahanan dan bahkan kerja Front Persatuan, mesin pengaruh bayangan PKT, yang agennya mencoba ke pengadilan atau anggota nonparty co-opt dan Cina yang tinggal di luar negeri.

Misalnya, narapidana sering diasingkan ketika mereka pertama kali tiba di penjara dan kemudian secara bertahap diintegrasikan kembali ke dalam kelompok. Mereka secara perlahan dipaksa untuk mematuhi personil penjara, bos-bos sel yang mirip preman dan tahanan yang direformasi. Berbagai taktik dikerahkan untuk tujuan itu, baik bujukan (lebih banyak makanan, tidur atau kontak manusia) dan hukuman (deprivasi, penyiksaan, pengucilan). Pengalaman memalukan, rasa bersalah, penyesalan, dan pengakuan seharusnya menghasilkan konversi dan pembaharuan tahanan. Proses ini sengaja destruktif: Ini adalah, filsuf kontemporer Tu Weiming telah menjelaskan, perjalanan yang diperlukan "rasa sakit dan penderitaan" dalam mengejar perbaikan manusia.

Dalam teori, kerasnya proses itu seharusnya ditempa oleh keinginan sukarela untuk memperbaiki diri sendiri dan dengan ekspresi empati terhadap orang-orang yang gagal. Tapi C.C.P. apparatchiks, dalam mengejar otoritarianisme mereka, telah menyingkirkan faktor-faktor yang meringankan itu. Upaya menempa mereka sebagian besar mengandalkan paksaan ketimbang persuasi moral, dan metode mereka yang sering kejam telah menewaskan puluhan juta warga China selama bertahun-tahun.

Banyak orang di C.C.P. telah mencoba untuk mereformasi menjadi sasaran "sanksi administratif" (行政 处罚) daripada proses pidana dan ditempatkan di kamp-kamp di mana mereka menjalani "pendidikan ulang melalui kerja" (laojiao, 劳教). Sistem laojiao dihapus secara resmi pada tahun 2013 setelah dikritik karena melanggar hak-hak individu, namun pendidikan ulang terus berlanjut hari ini - dan tidak hanya di Xinjiang - dengan kedok pelatihan dan pembinaan hukum dan moral wajib. Baik yang biasa maupun yang terkenal dapat dikenakan, sering bertentangan dengan keinginan mereka dan tanpa bantuan hukum.

Pada tahun 2014, aktor Huang Haibo menjalani enam bulan "hak asuh dan pendidikan" setelah ia meminta pelacur. Aktris bintang Fan Bingbing menghilang selama beberapa bulan tahun ini - kemudian secara terbuka mengakui bahwa dia telah melakukan penipuan pajak dan memuji C.C.P.

Ini adalah upaya akar rumput juga. Atas nama “revitalisasi pedesaan,” C.C.P. pejabat di provinsi Heilongjiang timur laut menyerukan “standardisasi pemikiran dan perilaku petani.” Program ini hanya satu bagian dari rencana aksi nasional tiga tahun oleh Komite Sentral Partai “untuk meningkatkan ideologis dan moral suzhi dari Cina. petani untuk menyegarkan dan merevisi karakter mereka yang sederhana dan jujur. ”

Ketika diterapkan di Xinjiang, Tibet, atau daerah perbatasan lainnya, ganhua tampaknya menjadi "proyek peradaban", sebagaimana dikatakan oleh antropolog Stevan Harrell, yang bertujuan untuk menciptakan populasi yang seragam di bawah panji-panji satu "bangsa China" (中华民族) . Tapi itu lebih dari itu. Pada tahun 1960-an, psikiater Robert Jay Lifton menyebut kontrol pemikiran gaya Cina - dengan keyakinan dogmatisnya dalam kebenaran absolut dan keharusan untuk memperbaiki "totalologi ideologis" yang tidak dapat diperbaiki.

Seperti dicatat Lifton, totalisme ideologis di Cina bukanlah proses yang berkelanjutan, tetapi fenomena siklus. Ini memunculkan campuran emosi. Beberapa subjek mematuhi, yang lain menarik; beberapa bahkan mungkin antusias pada awalnya. Namun seiring waktu, sifat represi yang menyesakkan juga cenderung memunculkan kebencian dan perlawanan, dan pada gilirannya dapat membawa metode pengendalian yang lebih represif.

Selama era Maois, berbagai kampanye reformasi surut karena baik tahanan maupun pengawas mereka menderita karena kelaparan dan kelelahan. Satu gelombang represi akan mereda tetapi kemudian gelombang lain akan muncul, dengan target yang berbeda: Orang-orang kanan yang dibebaskan pada tahun 1959 atas perintah Mao diberi label kontra-revolusioner dan diburu hanya beberapa tahun kemudian, selama Revolusi Kebudayaan.

Dimulai pada 1980-an, agenda reformasi ekonomi Deng Xiaoping membantu mengembalikan masyarakat China ke tingkat yang lebih baik dan pragmatis - setidaknya sampai tindakan Tiananmen. Tapi sekarang Presiden Xi Jinping tampaknya mengintensifkan penindasan lagi - terhadap etnis minoritas, intelektual, pengacara, Kristen, aktivis buruh, bahkan mahasiswa Maois.

Namun totalisme ideologis tampaknya mengandung benih-benih kehancurannya sendiri. Itu mahal. Ini mendorong penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat partai lokal, yang menuai imbalan untuk menjaga stabilitas. Pelecehan itu melemahkan aturan hukum dan kepercayaan sosial.

Seiring waktu, totalisme ideologis berisiko merusak legitimasi negara. Dan “setelah publik mulai kehilangan kepercayaan pada pemerintah dan berhenti mengidentifikasi dengan itu,” sarjana Cina Yu Jianrong menulis, “kepanikan terjadi dan kekacauan sosial penuh dilepaskan.”

Ini adalah ketidakamanan mendasar rezim - ketakutan akan pemberontakan dan akhirnya pemotongan China - yang mendorongnya lebih dalam dan lebih dalam ke kehidupan pribadi warga negaranya, hanya mengasingkan mereka. Penindasan terhadap orang-orang Uighur di Xinjiang hanyalah manifestasi ekstrem dari pengejaran total kontrol C.C.P. yang ganas dan tidak langgeng.

Artikel Terkait

MANAJEMEN PIKIRAN DI TIONGKOK PUNYA SEJARAH YANG SANGAT PANJANG
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email