Agama Sebagai Motivasi Moral dan Sosial


Kadang-kadang, orang percaya berpendapat bahwa ada atau tidak Tuhan itu ada, itu baik bagi orang untuk "mendapatkan agama" karena itu membuat mereka menjalani kehidupan yang lebih baik. Agama memotivasi orang menuju kebaikan lebih baik daripada ateisme, kata mereka.

Ini menimbulkan dua pertanyaan yang ingin saya jelajahi:

  1. Bisakah orang-orang religius menjalani hidup yang lebih baik?
  2. Apakah tidak apa-apa bagi orang untuk percaya hal-hal bukan karena mereka benar, tetapi karena keyakinan seperti itu bermanfaat?
  3. Bisakah orang-orang religius menjalani hidup yang lebih baik?


Saya tidak akan mengutip statistik. Saya tidak mencari apa yang dilakukan oleh seorang Kristen atau atheis rata-rata untuk membantu sesama manusia. Mari pikirkan secara teoretis sejenak ini.

Itu tidak akan mengejutkan saya jika orang-orang beragama lebih bermoral. Jika seseorang benar-benar percaya ada seorang pengganggu langit yang akan menyiksanya selamanya jika dia tidak bermoral, tetapi memberinya mahkota emas atau 72 perawan jika dia baik, itu tidak akan mengejutkan saya jika orang tersebut bertindak lebih bermoral daripada seseorang yang berpikir manusia tidak memiliki pengasuh seperti itu.

mark_van_steenwykDalam sebuah komentar yang saya tinggalkan di sebuah posting yang saya sumbangkan untuk sebuah webzine Kristen, saya menulis tentang teman Kristen saya Mark, yang telah menyerahkan banyak kebahagiaan pribadi dan kebebasan untuk memberi makan dan melayani kaum miskin kota Minneapolis karena dia melihatnya sebagai miliknya. misi kosmik dari Yesus. Saya bilang:

Saya pikir itu mungkin bahwa secara umum Mark adalah orang yang lebih "bermoral" daripada saya ... Dia "kehilangan beberapa poin moral" karena (apa yang saya klaim sebagai) irasionalitas dan kurangnya perawatan dengan kebenaran ... tapi ini lebih dari dibuat oleh dedikasi yang konsisten Markus untuk kehambaan, amal, kebaikan, dan cinta. Saya menghabiskan banyak waktu untuk menganjurkan rasionalitas dan kebenaran, yang menurut saya merupakan penyebab moral, tetapi jika dibandingkan dengan Mark, saya tidak mengorbankan hampir sebanyak kekayaan dan kenyamanan saya serta waktu untuk melayani kebutuhan orang lain. Saya juga tidak mengambil banyak risiko untuk melakukannya. Mungkin, saya tidak akan pernah melakukannya.

Biar saya jelaskan ini. Saya pikir ada banyak orang beragama yang secara moral lebih berdedikasi dan termotivasi daripada saya karena keyakinan agama mereka. Artinya, saya tidak berpikir kebaikan mereka hanyalah hasil dari biologi dan nilai masa kecil mereka. Terkadang, keyakinan agama seseorang memberikan motivasi untuk layanan dan pengorbanan yang menakjubkan.

Ateis akan segera menunjukkan bahwa agama sama sering (atau lebih sering, mungkin) memotivasi orang untuk melakukan tindakan represif atau agresif, dan saya setuju. Tetapi kita semua tahu bahwa ada beberapa "orang kudus" di luar sana yang sangat luar biasa karena iman religius mereka. Ibu Teresa adalah contoh yang buruk (dia mungkin membuat dunia jauh lebih buruk, tidak lebih baik), dan Gandhi tampak lebih termotivasi oleh masalah sekuler daripada yang religius, tetapi orang mungkin memberikan contoh Shane Claiborne atau Dorothy Day atau, well, teman saya Mark .

Tetapi kemudian, ada juga pertunjukan kebaikan dan pengorbanan yang luar biasa dan amal di kalangan ateis. Dua filantropis terbesar sepanjang masa - Warren Buffet dan Bill Gates - adalah ateis. Dua orang yang (cukup terpisah) menyelamatkan lebih banyak nyawa daripada orang lain dalam sejarah - Norman Borlaug dan Maurice Hilleman - tidak beragama.1 (Bagaimana mereka melakukannya? Sains, duh.) Saya telah bertemu banyak ateis yang memiliki menyerahkan segalanya untuk memberi makan orang miskin atau menyelamatkan lingkungan atau membantu pengungsi perang. (Khususnya, vegan dan aktivis lingkungan moral cenderung ateis, dalam pengalaman saya.) Dan tentu saja ada banyak badan amal sekuler.

Jadi tampaknya agama dan takhayul tidak diperlukan untuk mengembangkan orang yang bermoral tinggi. Tetapi apakah kita akan menjadi ras yang lebih bermoral jika dunia kita didominasi oleh, katakanlah, Jainisme - bukannya oleh agama Kristen, Islam, dan yang non-agama? Mungkin.

Mungkin kita harus menciptakan agama yang, ketika diuji, mengembangkan orang yang paling bermoral mungkin, dan kemudian mengajarkannya kepada semua anak kita, di seluruh dunia - meskipun itu tidak benar.

Itu membawa kita ke pertanyaan kedua ...

Apakah boleh saja mempercayai hal-hal yang bermanfaat, bahkan jika itu tidak benar?

Saya memikirkan hal ini ketika saya memikirkan prospek untuk menolak teman Kristen saya yang baik, Markus. Haruskah saya mencoba? Jika saya dekonvert dia, mungkin dia akan menjadi kurang termotivasi untuk melakukan pekerjaan baik yang dia lakukan! Barangkali kehidupannya untuk beramal bergantung pada imannya bahwa itulah yang diinginkan Yesus.

Tentu saja, pertanyaan kami di sini bertanya, "Apakah itu diperbolehkan secara moral ..." - dan itu membutuhkan teori moralitas untuk menjawab dengan benar. Tapi bagaimana menurutmu? Apakah boleh saja mempercayai hal-hal yang bermanfaat, bahkan jika itu tidak benar?

Artikel Terkait

Agama Sebagai Motivasi Moral dan Sosial
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email